Tingkat Burnout ditinjau dari Strategi Coping dan Efikasi Diri pada Perawat Rumah Sakit Jiwa Surakarta

Nurasih Widyo Retno, Machmuroch ., Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Tingkat Burnout ditinjau dari Strategi Coping dan Efikasi Diri pada Perawat Rumah Sakit Jiwa Surakarta

Level of Burnout Observed From Coping Strategy and Self Efficacy in Nurses of Surakarta Mental Hospital

Nurasih Widyo Retno, Machmuroch, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat burnout ditinjau dari strategi coping dan efikasi diri pada perawat rumah sakit jiwa Surakarta.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan purposive quota incidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Subjek penelitian ini berjumlah 40 orang perawat rumah sakit jiwa Surakarta.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan hasil Fhitung sebesar 7,162; p<0,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara strategi coping dan efikasi diri dengan burnout pada perawat rumah sakit jiwa Surakarta. Secara parsial, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi coping dan efikasi diri dengan burnout.

Sumbangan relatif yang diberikan strategi coping dan efikasi diri terhadap burnout adalah 27,9%. Sumbangan efektif yang diberikan strategi coping terhadap burnout sebesar 13,8%, sumbangan efektif yang diberikan efikasi diri terhadap burnout sebesar 14,1%, dan 72,1% dijelaskan oleh variabel lain.

Kata kunci: (Burnout, Strategi Coping, Efikasi Diri)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.