Hubungan antara Body Image dan Imaginary Audience dengan Kepercayaan Diri pada Siswi Kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk

Gita Arum D.M., Istar Yuliadi, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Hubungan antara Body Image dan Imaginary Audience dengan Kepercayaan Diri pada Siswi Kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk

Relationship between Body Image and Imaginary Audience toward Self Confidence of the Tenth Grade Female Students of SMA Negeri 2 Nganjuk

Gita Arum Dwi Marita , Istar Yuliadi, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Masa remaja adalah salah satu tahap dalam kehidupan manusia yang merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada tahap ini remaja akan mengalami perubahan baik dari segi fisik, kognitif dan psikososial. Sejalan dengan perubahan fisik, remaja putri cenderung mengembangkan kepedulian yang tinggi terhadap perubahan fisiknya. Cara pandang remaja terhadap keadaan fisiknya akan mempengaruhi rasa kepercayaan diri. Dengan body image positif dan imaginary audience yang positif akan meningkatkan kepercayaan diri remaja tersebut.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (i) Hubungan antara body image dan imaginary audience dengan kepercayaan diri pada siswi kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk; (ii) Hubungan antara body image dengan kepercayaan diri pada siswi SMA Negeri 2 Nganjuk; (iii) Hubungan antara imaginary audience dengan kepercayaan diri pada siswi kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswi. Sampling menggunakan cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kepercayaan diri, skala body image, skala imaginary audience. Skala kepercayaan diri terdiri dari 30 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,905. Skala body image terdiri dari 23 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,868. Skala imaginary audience terdiri dari 21 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,870.

Berdasarkan teknik analisis regresi ganda diperoleh F hitung 462.581 > F Tabel 3.159 ; p = 0,000 (p<0,05). Koefisien determinasi (R) variabel prediktor terhadap variabel kriterium sebesar 94% dan sisanya (6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara body image dan imaginary audience dengan kepercayaan diri pada siswi kelas X SMA Negeri 2 Nganjuk. Secara parsial menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara body image dengan kepercayaan diri dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,613; p=0,000 (p<0,05) dan ada hubungan positif antara imaginary audience dengan kepercayaan diri dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,860; p=0,000 (p<0,05).

Kata kunci: body image, imaginary audience, kepercayaan diri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.