Hubungan antara Body Image dan Kecerdasan Interpersonal dengan Penyesuaian Diri terhadap Lawan Jenis pada Siswa Kelas VIII Reguler SMP Negeri 9 Surakarta

Jehan Fitria F, Salmah Lilik, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


The Relationship between Body Image and Interpersonal Intelligence with Adjustment to The Opposite Sex of The Eight Grade Students of SMP Negeri 9 Surakarta

Jehan Fitria Fadhillah, Salmah Lilik, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Ada banyak hal yang mempengaruhi kemampuan penyesuaian diri pada individu, termasuk dalam penyesuaian diri terhadap lawan jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body image dan kecerdasan interpersonal dengan penyesuaian diri terhadap lawan jenis.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Reguler SMP Negeri 9 Surakarta sejumlah 225 siswa. Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas yang terdiri dari 87 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian diri terhadap lawan jenis, skala body image, dan skala kecerdasan interpersonal.

Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dengan nilai Fhitung 53,175 > Ftabel= 3,105 serta R sebesar 0,747, berarti terdapat hubungan antara body image dan kecerdasan interpersonal dengan penyesuaian diri terhadap lawan jenis. Secara parsial, terdapat hubungan antara body image dengan penyesuaian diri terhadap lawan jenis dengan rx1y sebesar 0,443, dan signifikansi 0,000 (p<0,05); serta terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan penyesuaian diri terhadap lawan jenis dengan rx2y sebesar 0,423, dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil menunjukkan bahwa body image dan kecerdasan interpersonal memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan penyesuaian diri terhadap lawan jenis. Dengan demikian, semakin positif body image dan kecerdasan interpersonal, maka penyesuaian diri terhadap lawan jenis juga semakin tinggi.

Kata kunci: penyesuaian diri terhadap lawan jenis, body image, kecerdasan interpersonal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.