Gambaran Perilaku Pengasuhan Orang Tua pada Anak yang Memiliki Riwayat Gangguan Skizofrenia

Sheilla Varadhila P, Suci Murti Karini, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Gambaran Perilaku Pengasuhan Orang Tua pada Anak yang Memiliki Riwayat Gangguan Skizofrenia

Description Of Parents Care Behavior on The Child With Schizophrenia

Sheilla Varadhila Peristianto, Suci Murti Karini, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Anak yang mengalami gangguan skizofrenia tidak dapat berfungsi secara optimal dalam kehidupannya dan terganggu dalam menilai realitas hidupnya sehingga keberadaan anak dengan riwayat gangguan skizofrenia sering dianggap berbahaya oleh masyarakat. Banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya penanganan penderita kepada petugas medis karena adanya stigmatisasi masyarakat sehingga anak cenderung mengalami kekambuhan karena tidak adanya peran orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi yang utuh dan mendalam mengenai perilaku pengasuhan orang tua pada anak yang memiliki riwayat gangguan skizofrenia. Manfaat utama penelitian ini agar orang tua mampu melakukan upaya-upaya untuk memahami anak dan memberikan pengasuhan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak dalam rangka mengurangi resiko kekambuhan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak penderita skizofrenia dengan tipe yang berbeda dan significant others yakni orang terdekat dan perawat yang menangani anak. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, riwayat hidup, dan data dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perilaku pengasuhan orang tua pada anak yang memiliki riwayat gangguan skizofrenia dalam rangka mengurangi risiko kekambuhan. Perilaku pengasuhan yang tergambar yaitu secara fisik orang tua berusaha untuk melindungi anak dengan menyediakan kebutuhan dasar anak dan memberi kesempatan anak dalam beraktivitas sesuai dengan keinginan anak. Secara emosi, orang tua melindungi anak dengan memberikan pendampingan ketika anak mengalami kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan seperti mendampingi anak saat kontrol dan menemani anak saat merasa takut, dan menuruti apapun keinginan anak. Secara sosial, orang tua berusaha mengembalikan anak ke lingkungan sekolah dan meminta agar pihak sekolah tidak memperlakukan anak dengan buruk, menghubungi pihak tertentu lainnya seperti perawat dan teman-teman anak untuk mengetahui kondisi anak, serta memberi kesempatan anak dalam bergaul dengan teman yang diinginkan anak. Perilaku pengasuhan yang tergambar pada orang tua dengan anak merupakan usaha orang tua rangka mengurangi risiko timbulnya kekambuhan pada anak dengan riwayat skizofrenia namun orang tua kurang memiliki pemahaman sehingga tidak mengajarkan anak terutama dalam kehidupan emosi yaitu untuk bertoleransi apabila anak tidak dapat mencapai keinginan yang diharapkan. Anak belajar bahwa setiap keinginan harus terpenuhi namun anak tidak belajar toleransi ketika keinginan tidak terpenuhi. Kondisi tersebut memunculkan stress emosional kembali pada anak yang mengarah pada timbulnya kekambuhan apabila keinginan atau kemauan anak tidak terpenuhi.

Kata kunci : pengasuhan, skizofrenia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.