Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Adversity Intelligence dengan Optimisme dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha

Ayunani Mustika, Sri Wiyanti, Salmah Lilik

Abstract


HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN OPTIMISME DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA

PADA REMAJA PENYANDANG CACAT TUBUH

DI BBRSBD PROF. DR. SOEHARSO

SURAKARTA

The Relationship Between Social Support and Adversity Intelligence with Optimism in Decision Making to be an Entrepreneur in Adolescents Physically Disabled at

BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta

Ayunani Mustika, Sri Wiyanti, Salmah Lilik

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Masa remaja merupakan masa pengambilan keputusan. Optimisme sangat diperlukan oleh remaja penyandang cacat tubuh untuk memutuskan masa depannya termasuk dalam berwirausaha. Dukungan sosial dan adversity intelligence diperlukan agar remaja penyandang cacat memiliki sikap optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan adversity intelligence dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha, (2) hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha, serta (3) hubungan antara adversity intelligence dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha pada Remaja Penyandang Cacat Tubuh di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

Populasi pada penelitian ini adalah remaja penyandang cacat tubuh di BBRSBD Prof DR. Soeharso Surakarta. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive quota sampling, dengan karakteristik sampel yaitu yang berusia 17 s/d 21 tahun, sudah selesai mengikuti pelatihan keterampilan dan pelatihan kewirausahaan serta memiliki minat berwirausaha. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan skala dukungan sosial, skala adversity intelligence, dan skala optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan nilai F-hitung 24,734 > F tabel 3,354 dan R 0,804 berarti ada hubungan antara dukungan sosial dan adversity intelligence dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha. Secara parsial, ada hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha dengan t hitung 2,335 > t tabel 2,052 dan r 0,410, serta ada hubungan antara adversity intelligence dengan optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha dengan t hitung 2,121 > t tabel 2,052 dan r 0,378. Kesimpulannya yaitu (1) semakin tinggi dukungan sosial dan dan semakin tinggi adversity intelligence maka semakin tinggi pula optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha (2) semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi pula optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha (3) semakin tinggi adversity intelligence, maka semakin tinggi optimisme dalam pengambilan keputusan berwirausaha.

Kata Kunci: Optimisme Pengambilan Keputusan Berwirausaha, Dukungan Sosial, Adversity Intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.