Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS

Habibah Nugraheni L, Salmah Lilik, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS

The Relationship between Self-Regulated Learning and Procrastination in Writing Minithesis among FSSR UNS Students

Habibah Nugraheni Lestari, Salmah Lilik, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi FakultasKedokteran

UniversitasSebalasMaret

ABSTRAK

Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib disusun mahasiswa Sastra-1 sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Hasil penyusunan skripsi yang optimal dapat dicapai salah satunya melalui kemampuan mahasiswa untuk mengatur dirinya atau dengan istilah lain self-regulated learning. Self-regulated learning yang baik dapat membantu mahasiswa dalam mengatur, merencanakan, dan mengarahkan dirinya untuk mencapai tujuan tertentu, dalam penyusunan skripsi. Mahasiswa perlu memiliki self-regulated learning sebagai kemampuan untuk membantu mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi yang menghambat dalam penyusunan skripsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa FSSR UNS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FSSR UNS angkatan 2007. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 mahasiswa FSSR angkatan 2007 yang sedang dalam proses penyusunan skripsi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive incidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala self-regulated learning dengan skala prokrastinasi penyusunan skripsi. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment Pearson.

Berdasarkan hasil analisis teknik korelasi product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r= 0,662; p< 0,005) artinya ada hubungan positif antara self-regulated learning dengan prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa FSSR UNS angkatan 2007, yang menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Peran self-regulated learning terhadap prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa FSSR UNS sebesar 43,8%.

Kata kunci: self-regulated learning, prokrastinasi, skripsi, mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.