Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Peningkatan Konsep Diri Pada Remaja Difabel Di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta

Ichsan Nur Hidayat, Tri Rejeki Andayani, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DIFABEL DI BBRSBD PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA

The Effect of Positive Thinking Training on The Improvement of Self Concept in Adolescent With Disabilities

Ichsan Nur Hidayat, Tri Rejeki Andayani, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Remaja difabel, sebagaimana remaja lainnya, juga mempunyai tugas perkembangan yang harus diselesaikan. Namun demikian, banyak remaja difabel merasa tidak puas terhadap diri, atau bahkan menolak diri. Kegagalan dalam penerimaan diri ini menuntun pada pembentukan konsep diri negatif. Konsep diri berkaitan erat dengan aspek kognitif, sehingga salah satu intervensi kognitif yang bisa dilakukan adalah dengan pengembangan latihan bepikir positif. Kemampuan berpikir positif dimaksudkan agar difabel mampu memandang dengan lebih positif tentang diri dan lingkungan sehingga menumbuhkan asumsi yang baik pula terhadap dirinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Berpikir Positif terhadap peningkatan konsep diri pada remaja difabel di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan design Non-Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Subjek penelitian sebanyak 12 orang remaja difabel siswa BBRSBD Surakarta yang termasuk kategori konsep diri negatif, dengan 6 orang sebagai kelompok kontrol dan 6 orang sebagai kelompok eksperimen. Subjek kelompok eksperimen diberikan pelatihan berpikir positif dengan metode pendekatan eksperiential learning. Pengambilan data dilakukan dengan skala adaptasi TSCS (Tennesse Self Concept Scale) yang mempunyai daya beda item antara 0,339 - 0,770 dan reliabilitas (?) 0.928.

Hasil analisis data dengan uji Independent Sample T Test didapatkan nilai t hitung sebesar 2,238 (thitung > ttabel) dan p 0,038 (p< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pelatihan Berpikir Positif terhadap peningkatan konsep diri pada remaja difabel di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Uji hipotesis dengan uji Paired Sample T Test didapatkan nilai t hitung 3,887 (thitung > ttabel) dan p 0,012 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Berpikir Positif efektif dalam meningkatkan konsep diri pada remaja difabel di BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

Kata Kunci : Konsep Diri, Pelatihan Berpikir Positif, Remaja Difabel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.