Perbedaan Tingkat Kemandirian Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Siswa Kelas IX SMP Islam Al Abidin Surakarta
Abstract
Kemandirian dipandang penting dalam kehidupan remaja. Kemandirian merupakan salah satu tugas perkembangan remaja untuk menuju masa dewasa, agar para remaja dapat memasuki dunianya dengan mantap tanpa hambatan yang berarti. Kemandirian pada remaja berawal dari keluarga dan dipengaruhi oleh pola asuh orangtua.
Penelitian komparatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemandirian remaja yang signifikan ditinjau dari pola asuh orangtua pada siswa kelas IX SMP Islam Al Abidin. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Adapun kriteria sampel dalam penelitian adalah: Sisiwa SMP Islam Al Abidin Surakarta kelas IX. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua skala psikologi, yaitu skala kemandirian dan skala pola asuh orangtua. Metode analisis yang digunakan adalah one way anova.
Hasil perhitungan one way anova memperlihatkan nilai F hitung (0,554) < F tabel (3,108) dan taraf signifikansi 0,577> 0,05. Hasil tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan kemandirian yang signifikan ditinjau dari pola asuh orangtua pada sisiwa kelas IX SMP Islam Al Abidin Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.