Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Panahan Tingkat Nasional

Faradina Putri KW, Suci Murti Karini, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Panahan Tingkat Nasional

Relationship Between Self-Confidence And Emotion Regulation With Pre Competitive Anxiety

Of National Level Archerys Athletes

Faradina Putri Kusuma Wardani, Suci Murti Karini, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Kecemasan menghadapi pertandingan panahan adalah reaksi emosional yang tidak menyenangkan yang muncul sebelum situasi bertanding terhadap bahaya yang tidak nyata pada atlet panahan. Kepercayaan diri dan regulasi emosi merupakan faktor personal yang akan menurunkan tingkat kecemasan menghadapi pertandingan panahan.

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) hubungan antara kepercayaan diri dan regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan panahan; 2) hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi pertandingan panahan; 3) hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan panahan.

Populasi dalam penelitian adalah atlet panahan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) seluruh Indonesia dengan jumlah responden 51 atlet dengan teknik purposive incidental sampling. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri (? = 0,777), skala regulasi emosi (? = 0,759), skala kecemasan menghadapi pertandingan panahan (? = 0,934). Analisis data dengan metode analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan nilai F-test = 3,805, p=0,029 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, terdapat hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet panahan. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai rx1-y = -0,356, p=0,011 (p<0,05), terdapat hubungan signifikan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet panahan. Semakin tinggi kepercayaan diri, maka kecemasan menghadapi pertandingan panahan semakin rendah, dan sebaliknya. Nilai rx2-y = 0,043, p=0,769 (p>0,05) menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet panahan. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,137 atau 13,7%, terdiri atas sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap kecemasan menghadapi pertandingan panahan sebesar 14,1% dan sumbangan efektif regulasi emosi terhadap kecemasan menghadapi pertandingan panahan sebesar -0,41%. Hal ini berarti terdapat 86,3% faktor lain yang mempengaruhi kecemasan menghadapi pertandingan panahan selain kepercayaan diri dan regulasi emosi.

Kata kunci: Kepercayaan Diri, Regulasi Emosi, Kecemasan Menghadapi Pertandingan Panahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.