Hubungan antara Persepsi Kualitas Interaksi Atasan- Bawahan dan Motivasi Intrinsik Dengan Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan Outsourcing Di PT. Coca-Cola Amatil Central Java

Novia Asmaradita, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Relationship Between Perceveid Of Leader-Member Exchange and Intrinsic Motivation with Organizational Citizenship Behavior in Outsourcing Employee at PT. Coca-Cola Amatil Central Java

Novia Asmaradita, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Salah satu usaha untuk mendukung keberhasilan sebuah perusahaan adalah mengupayakan karyawan yang mampu berperilaku extra-role, yang disebut dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Tingginya persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dan motivasi intrinsik akan membantu meningkatkan tingkat OCB pada karyawan outsourcing yang oleh banyak pihak dianggap memiliki posisi yang tidak menguntungkan dibandingkan dengan karyawan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dan motivasi intrinsik dengan OCB; 2) hubungan antara persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dengan OCB; 3) hubungan antara motivasi intrinsik dengan OCB pada karyawan outsourcing di PT. Coca-Cola Amatil Central Java.

Subjek penelitian adalah karyawan outsourcing di PT. Coca-Cola Amatil Central Java sebanyak 77 orang. Sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui Skala OCB yang terdiri dari 35 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,915, Skala Persepsi Kualitas Interaksi Atasan-Bawahan yang terdiri dari 25 aitem dan koefisien reliabilitas 0,909, serta Skala Motivasi Intrinsik yang terdiri dari 40 aitem dan koefisien reliabilitas 0,936.

Analisis data melalui teknik regresi linier berganda, diperoleh R sebesar 0,633; p=0,000 (p<0,05); dan Fhit 24,700 > Ftab 3,739 yang berarti, ada hubungan antara persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dan motivasi intrinsik dengan OCB. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan ada hubungan positif antara persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dengan OCB dengan nilai korelasi 0,335 dan p = 0,000 (p < 0,05) dan ada hubungan antara motivasi intrinsik dengan OCB dengan nilai korelasi 0,530 dan p = 0,000 (p < 0,05) . Nilai R2 (R square) sebesar 0,400 yang berarti dalam penelitian ini persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan dan motivasi intrinsik secara serentak memberi sumbangan efektif sebesar 40% terhadap OCB.

Kata Kunci: organizational citizenship behavior, persepsi kualitas interaksi atasan-bawahan, motivasi intrinsik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.