Hubungan antara Penerimaan Diri dan Dukungan Suami dengan Kecemasan Wanita dalam Menghadapi di Kecamatan Jebres, Surakarta

Idea Estetik Kaheksi, Istar Yuliadi, Tri Rejeki Andayani

Abstract


Hubungan antara Penerimaan Diri dan Dukungan Suami dengan

Kecemasan Wanita dalam Menghadapi di Kecamatan Jebres, Surakarta

 

 

The Relationship between Self Acceptance and Husband’s Support Toward Women’s Anxiety in Undergoing Menopause in Jebres, Surakarta

 

 

Idea Estetik Kaheksi, Istar Yuliadi, Tri Rejeki Andayani

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

 

 

 

ABSTRAK

 

Salah satu masalah yang terjadi dalam kehidupan wanita adalah menopause. Fenomena wanita yang menghadapi menopause, baik di dunia maupun di Indonesia, meningkat dari tahun ke tahun. Walaupun jumlah wanita menopause yang mengalami kecemasan sangat tinggi, sesungguhnya kecemasan dalam menghadapi menopause dapat diatasi apabila wanita memiliki penerimaan diri dan mendapat dukungan dari suami. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan simultan antara penerimaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause, serta hubungan parsial masing-masing variabel bebas (penerimaan diri dan dukungan suami) dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause).

Populasi dalam penelitian ini adalah wanita yang sedang menghadapi menopause di Kecamatan Jebres, Surakarta dengan jumlah sampel 100 orang yaitu 50 orang untuk uji coba dan 50 orang lainnya untuk penelitian, dengan menggunakan purposive quota incidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Kecemasan Wanita dalam Menghadapi Menopause dengan validitas 0,371-0,566 serta reliabilitas 0,768, Skala Penerimaan Diri dengan validitas 0,353-0,561 serta reliabilitas 0,816 dan Skala Dukungan Suami dengan validitas 0,326-0,695 serta reliabilitas 0,876.

Peneliti menggunakan teknik analisis Regresi Logistik Ordinal. Hasil uji simultan menggunakan statistik Likelihood Ratio (LR) dengan nilai X2=18,419 (X2hitung>X2tabel) dan p=0,000 (p<0,05), berarti terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause. Kontribusi penerimaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause dengan análisis Cox and Snell’s R Square adalah sebesar 22%. Hasil uji parsial menggunakan uji Wald. Uji Wald antara penerimaan diri dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause sebesar p=0,000 (<0,05), berarti terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause. Uji Wald antara dukungan suami dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause sebesar p=0,033 (<0,05), berarti terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan suami dengan kecemasan wanita dalam menghadapi menopause.

Kata kunci: penerimaan diri, dukungan suami, kecemasan wanita dalam menghadapi menopause.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.