Hubungan Antara Mencari Sensasi dan Empati dengan School Bullying pada Remaja Putra Kelas X dan XI di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Retno Mawarni, Hardjono ,, Tri Rejeki Andayani

Abstract


Hubungan Antara Mencari Sensasi dan Empati dengan School Bullying pada Remaja Putra Kelas X dan XI di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Correlation between Sensation Seeking and Empathy with School Bullying on Male Adolescents Students Class X and XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Retno Mawarni, Hardjono, Tri Rejeki Andayani

Program Studi Psikologi FakultasKedokteran

UniversitasSebalasMaret

ABSTRAK

Remaja merupakan suatu tahapan dalam perkembangan manusia. Pada tahapan ini, individu mengalami perubahan psikis dan fisik yang jika tidak terarahkan dengan baik dapat memicu fenomena negatif seperti school bullying. School Bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan terhadap siswa atau siswi lain yang lebih lemah dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Rendahnya empati dan karakteristik mencari sensasi tinggi diduga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan school bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mencari sensasi dengan school bullying, hubungan antara empati dengan school bullying serta hubungan antara mencari sensasi dan empati secara bersama-sama dengan school bullying.

Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putra kelas X dan XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 101 siswa yang diambil dengan teknik stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Skala School Bullying yang merupakan adaptasi dari Adolescent Peer Relations Instrument untuk mengukur frekuensi school bullying, Skala Mencari Sensasi yang diadaptasi dari Sensation Seeking Scale untuk mengukur tingkat mencari sensasi, dan Skala Empati yang merupakan adaptasi dari Interpersonal Reactivity Index untuk mengukur empati. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda yang meliputi uji simultan dan uji parsial.

Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara mencari sensasi dengan school bullying (p>0,05) serta ada hubungan negatif yang signifikan antara empati dengan school bullying (p<0,05). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara mencari sensasi dan empati secara bersama-sama dengan school bullying (p<0,05).

Kata kunci : mencari sensasi, empati, school bullying, remaja putra


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.