Hubungan antara Konsep Diri dan Religiusitas dengan Kepuasan Hidup pada Lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus

Nadia Sekar Asih, Istar Yuliadi, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Hubungan antara Konsep Diri dan Religiusitas dengan Kepuasan Hidup pada Lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus

The Relationship between Self Concept and Religiosity with Life Satisfaction in Elders of Rendeng Village in Kudus Regency

Nadia Sekar Asih, Istar Yuliadi, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Menjadi tua bukan suatu pilihan melainkan sesuatu yang pasti dialami. Seorang lansia hendaknya menerima masa tuanya dengan dengan wajar sehingga dapat tercapai kepuasan dalam hidupnya. Kepuasan hidup pada lanjut usia ditujukan dalam bentuk konsep diri yang positif. Religiusitas juga merupakan faktor pendukung dalam mencapai kepuasan hidup. Hubungan seseorang yang lebih dalam dengan Tuhan dapat menimbulkan perasaan puas terhadap hidupnya. Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan religiusitas dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus. 2. Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus. 3. Untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional.

Populasi dalam penelitian ini adalah warga lansia Desa Rendeng Kabupaten Kudus. Sampling yang digunakan adalah quota purposive insidental sampling. Sampel penelitian ini berjumah 63 orang lansia yaitu 15% dari jumlah populasi dengan kriteria : 1. Berusia ? 60 tahun. 2. Sehat secara Psikologis. 3. Sehat secara fisik yaitu tidak mempunyai cacat permanen atau penyakit yang parah. 4. Pendidikan minimal lulus SD. 5. Dapat membaca dan menulis. 6. Tinggal bersama keluarga. 7. Mempunyai agama. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kepuasan hidup, skala konsep diri dan skala religiuisitas yang diberikan secara bersama-sama.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan nilai Fhitung = 9,210 > F tabel = 3,150 dan R 0,485, berarti terdapat hubungan antara konsep diri dan religiusitas dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus. Secara parsial, terdapat hubungan antara konsep diri dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus dengan thitung = 2,735 > t tabel = 2,000 dan signifikansi 0,02 (<0,05); serta terdapat hubungan antara religiusitas dengan kepuasan hidup pada lansia di Desa Rendeng Kabupaten Kudus dengan t hitung = 2,721 > t tabel = 2,000 dan signifikansi 0,03 (<0,05). Kesimpulannya yaitu: 1. Semakin tinggi konsep diri dan religiusitas, maka semakin tinggi kepuasan hidup. 2. Semakin tinggi konsep diri, maka semakin tinggi kepuasan hidup. 3. Semakin tinggi religiusitas, maka semakin tinggi kepuasan hidup.

Kata Kunci: konsep diri, religiuistas, kepuasan hidup, lansia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.