Hubungan Antara Ketidakamanan Kerja dan Ketidakpuasan Kerja dengan Intensi Turnover pada Karyawan Kontrak di PT. Dan Liris Sukoharjo

Purwi Sundari, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Hubungan Antara Ketidakamanan Kerja dan Ketidakpuasan Kerja dengan Intensi Turnover pada Karyawan Kontrak di PT. Dan Liris Sukoharjo

Correlation Between Job Insecurity and Job Dissatisfaction Toward

Turnover Intention On Contract Employees

In PT. Dan Liris Sukoharjo

Purwi Sundari, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan memiliki peran sentral dalam menggerakkan roda perkembangan dan laju produktivitas perusahaan, oleh karena itu perlu dipelihara agar tetap dapat berproduksi dengan baik. Keamanan kerja dan kepuasan kerja memiliki arti penting bagi karyawan kontrak. Apabila ketidakamanan kerja dan ketidakpuasan kerja dalam suatu perusahaan tinggi maka dapat menyebabkan meningkatnya angka turnover yang akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara ketidakamanan kerja dan ketidakpuasan kerja dengan intensi turnover pada karyawan kontrak di PT. Dan Liris Sukoharjo; 2) Hubungan antara ketidakamanan kerja dengan intensi turnover pada karyawan kontrak di PT. Dan Liris Sukoharjo; 3) Hubungan antara ketidakpuasan kerja dengan intensi turnover pada karyawan kontrak di PT. Dan Liris Sukoharjo.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan kontrak PT. Dan Liris Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 193 karyawan kontrak. Teknik Sampling menggunakan Simple Random Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Intensi Turnover dengan validitas sebesar 0,248-0,671 dan Reliabilitas Alpha 0,790; Skala Ketidakamanan Kerja dengan validitas 0,264-0,671 dan Reliabilitas Alpha 0,744; Skala Ketidakpuasan Kerja dengan validitas 0,281-0,624 dan Reliabilitas Alpha 0,799. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,617; p=0,000 (p<0,05) dan Fhitung 39,074 > Ftabel 3,07. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketidakamanan kerja dan ketidakpuasan kerja dengan intensi turnover. Secara parsial menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketidakamanan kerja dengan intensi turnover dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,242 dengan p=0,006 (p<0,05) serta nilai thitung= 2,805 (>ttabel= 1,979), dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketidakpuasan kerja dengan intensi turnover yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,409 dengan p=0,000 (p<0,05) serta nilai thitung= 5,054 (>ttabel= 1,979).

Kata Kunci: intensi turnover, ketidakamanan kerja, ketidakpuasan kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.