Hubungan Antara Figur Kelekatan Orangtua dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Remaja SMA Negeri 11 Yogyakarta

Dewi Intan Puspitadesi, Istar Yuliadi, Arista Adi Nugroho

Abstract


The Correlation Between Figure Attachment Parenting And Self Control

Toward Adolescents Sexual Behaviour in SMAN 11 Yogyakarta

Dewi Intan Puspitadesi, Istar Yuliadi, Arista Adi Nugroho

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Fenomena perilaku seksual pada remaja semakin meningkat dari tahun ke tahun, seperti maraknya pergaulan bebas. Kematangan organ seksual dan aktifnya hormon seksual menyebabkan timbul dorongan seksual yang dinyatakan dalam bentuk perilaku seksual. Perilaku seksual terjadi karena kurangnya kedekatan orangtua dengan anak, sehingga tingkat pengendalian diri dalam diri anak menjadi rendah. Kedekatan yang aman dengan anak, mampu memfasilitasi kesejahteraan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara figur kelekatan orangtua dan kontrol diri dengan perilaku seksual remaja di SMAN 11 Yogyakarta.

Populasi penelitian adalah remaja SMAN 11 Yogyakarta kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2011-2012, dengan sampel penelitian sebanyak 116 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah pria dan wanita dan pernah atau sedang menjalin relasi heteroseksual. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala figur kelekatan orangtua, skala kontrol diri, dan skala perilaku seksual. Pada awalnya, analisis data menggunakan Analisis Regresi Dua Prediktor akan tetapi karena data variabel perilaku seksual tidak normal maka analisis yang digunakan diubah menjadi Regresi Logistik Ordinal atau Analisis Ordinal.

Hasil uji simultan penelitian ini menggunakan statistik Likelihood Ratio menunjukkan nilai X2 = 7,738 (X2hitung > X2tabel) dan p = 0,021(p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara figur kelekatan orangtua dan kontrol diri dengan perilaku seksual remaja SMA N 11 Yogyakarta. Kontribusi figur kelekatan orangtua dan kontrol diri terhadap perilaku seksual berdasarkan analisis Cox and Snell's Square adalah sebesar 15,5 %. Faktor lain yang mempengaruhi adalah pengaruh dari media seperti film atau gambar porno, pengaruh teman sebaya, dan gaya hidup remaja.

Kata kunci: figur kelekatan orangtua, kontrol diri, perilaku seksual remaja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.