Hubungan Antara Job Insecurity dan Konflik Peran dengan Performansi Kerja Karyawan di Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo

Paulina Wijayanti Setiawan, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Hubungan Antara Job Insecurity dan Konflik Peran dengan Performansi Kerja Karyawan di Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo

Relationship Between Job insecurity and Role Conflict with

Work Performance of the Employees in Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo

Paulina Wijayanti Setiawan, Munawir Yusuf, Aditya Nanda Priyatama

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebalas Maret

ABSTRAK

Pencapaian tujuan organisasi untuk bertahan dalam era globalisasi akan terlaksana bila karyawan menunjukkan performansi kerja yang baik. Diperlukan strategi peningkatan performansi kerja secara terus-menerus. Apabila strategi yang ditetapkan tidak direncanakan dan dilaksanakan dengan optimal justru akan berdampak negatif, salah satunya timbul job insecurity. Job insecurity yang dirasakan karyawan dalam jangka panjang akan berdampak pada performansi kerjanya. Ditambahkan dalam suatu organisasi kecenderungan terjadinya konflik peran tidak dapat dihindarkan. Konflik peran akan berpengaruh negatif terhadap performansi kerja karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara job insecurity dan konflik peran dengan performansi kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo sejumlah 62 karyawan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive quota sampling, dengan kriteria subjek adalah karyawan berusia minimal 20 tahun, masa kerja minimal 6 bulan, dan latar belakang pendidikan minimal SLTA atau sederajat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala job insecurity dengan reliabilitas 0,872, skala konflik peran dengan reliabilitas 0,818, dan skala performansi kerja dengan reliabilitas sebesar 0,892.

Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda, diperoleh nilai p sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 48,300 > Ftabel = 3,153 serta R sebesar 0,788. Hal ini berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara job insecurity dan konflik peran dengan performansi kerja. Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,621 artinya job insecurity dan konflik peran secara bersama-sama memberi sumbangan efektif (SE) sebesar 62,1% terhadap performansi kerja. Dengan sumbangan masing-masing 34,35% untuk variabel job insecurity dan 27,74% untuk konflik peran.

Kata kunci: performansi kerja, job insecurity, konflik peran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.