Hubungan antara Kecemasan dan Status Sosial yang Dipersepsikan dengan Kecenderungan Status Sosial yang Dipersepsikan pada Komunitas Gundam Solo

Ulfah Mubarok, Bagus Wicaksono, Rahmah Saniatuzzulfa

Abstract


Perilaku pembelian kompulsif merupakan blablabla Perilaku pembelian kompulsif merupakan perilaku pembelian dimana konsumen memiliki dorongan yang sulit dikontrol untuk melakukan pembelian berulang pada kategori produk tertentu. Salah satu kelompok sosial yang memiliki kecenderungan perilaku pembelian kompulsif adalah Komunitas Gundam Solo. Perilaku pembelian kompulsif dipengaruhi oleh faktor psikologis berupa kecemasan dan faktor sosial berupa status sosial yang dipersepsikan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kecemasan dan status sosial yang dipersepsikan dengan kecenderungan perilaku pembelian kompulsif pada Komunitas Gundam Solo. Sampel penelitian ini adalah 73 anggota aktif Komunitas Gundam Solo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria subjek secara berkala melakukan pembelian model perangkat Gundam, serta berada dalam komunitas. Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku pembelian kompulsif (α = 0,880), TMAS (Taylor’s Manifest Anxiety Scale) (α = 0,910), dan skala status sosial yang dipersepsikan (α = 0,908). Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.

Keywords


Kecemasan, perilaku pembelian kompulsif, status sosial yang dipersepsikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.