Hubungan Antara Kestabilan Emosi dengan Problem Solving pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Maharani CW, Tuti Hardjajani, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Hubungan Antara Kestabilan Emosi dengan Problem Solving pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta

The Relationship Between Emotional Stability and Problem Solving on Students in Psychology Program of Sebelas Maret University Surakarta

Maharani Chrystie Widanti, Tuti Hardjajani, Nugraha Arif Karyanta

Program Studi Psikologi

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Mahasiswa dalam perkembangannya memasuki masa remaja akhir yang merupakan masa penuh konflik karena terjadi perubahan bentuk tubuh, pola perilaku, dan peran sosial. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut sering menimbulkan masalah. Diperlukan suatu tahapan dan keterampilan penyelesaian masalah atauproblem solving untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Problem solving dipengaruhi oleh faktor-faktor personal pada diri mahasiswa. Emosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas problem solving. Kondisi emosi yang stabil akan mempengaruhi pikiran dan tindakan individu. Kestabilan emosi menuntun individu untuk menghasilkanreaksiemosi yang tepatdantidakberlebihandalammenghadapimasalah yang munculdalamkehidupansehari-hari yangakanmengarahpadatercapainyaproblem solving yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kestabilan emosi dengan problem solving pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif yang signifikan antara kestabilan emosi dengan problem solving pada mahasiswa.Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswaProgram Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan jumlah 105 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive cluster sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan Skala Problem Solving(r =0,336-0,685; ? = 0,920) dan Skala Kestabilan Emosi(r =0,394-0,728; ? = 0,922).

Hasil analisis teknik korelasi product moment Pearsondiperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,705; p = 0,00 (p<0,01). Berdasarkan hasil tersebut berarti bahwa terdapat hubungan yang positifdansignifikanantara kestabilanemosidengan problem solving pada mahasiswa Program StudiPsikologiUniversitasSebelasMaret Surakarta. Nilai R2 (R Square) sebesar 0,496 artinya bahwa dalam penelitian ini kestabilan emosi memberi sumbangan efektif sebesar 49,6% terhadapproblem solving.

Kata Kunci : Problem Solving, Kestabilan Emosi, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.